Haruskah Mencabut Baterai Dari Laptop Agar Lebih Awet?

Posted on

Bseirad.comBaterai merupkan media penyimpanan listrik portable. Dengan adanya baterai perangkat elektronik yang kita gunakan tak perlu terhubung ke sumber listrik terus-menerus. Salah satunya adalah laptop. Apakah mencabut baterai dan menggunakan aliran listrik saja memiliki risiko terhadap daya tahan laptop? Atau apakah berbahaya, memasang baterai namun secara bersamaan tetap menggunakan listrik, meskipun baterai tersebut telah penuh?

Bagaimana Baterai Laptop Bekerja?

Baterai laptop yang beredar di public saat ini berjenis Li-Ion atau Lithium-Ion dan bekerja dengan cara mengalirkan ion dari anoda ke katoda melalui elektrolit dan separator. Proses tersebut pasti akan bekerja ketika menggunakan baterai, dan tentu saja akan menghasilkan energi yang mengakibatkan baterai berkurang secara bertahap. Ketika teman-teman melakukan proses charge, energi-energi akan membuat ion yang sebelumnya telah berpindah dari anoda ke katoda menjadi berbalik ke tempat semula. Inilah yang membuat baterai terisi kembali.

Namun, semua proses tersebut akan melemah secara perlahan. Ion akan terperangkap di anoda dan inilah yang biasanya kita namakan dengan “baterai bocor” karena lekas habis seiring dengan usianya. Faktanya, bahkan kemampuan baterai sudah mulai berkurang secara perlahan dimulai dari pertama baterai tersebut dibuat.

Baca Juga :  Masalah konekvitas pada jaringan komputer

Haruskah Mencabut Baterai Dari Laptop Agar Lebih Awet?

Jika ada pertanyaan Haruskah Mencabut Baterai Dari Laptop Agar Lebih Awet? jawabannya adalah IYA ,tindakan ini harus dilakukan untuk membuat baterai tersebut awet. Namun, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan berkenaan dengan permasalahan ini. Sebaiknya jangan pernah mencabut baterai laptop ketika laptop tersebut digunakan, walaupun saat terpasang kabel listrik sekalipun. Tindakan tersebut menimbulkan risiko yang cukup berbahaya, untuk laptop dan penggunanya.

Berikut ini adalah point-point yang harus perhatikan demi tetap menjaga performa baterai laptop tetap optimal:

  • Jangan menghabiskan baterai hingga kurang dari 20%.
  • Habiskan baterai hingga 20% secara berkala, kemudian charge hingga penuh. Lakukan tindakan ini setiap beberapa minggu sekali.
  • Charge dalam voltase yang pas atau lebih rendah.
  • Meskipun laptop modern dapat memutus aliran listrik ketika baterai telah penuh, lebih baik jangan tinggalkan baterai dalam kondisi terpasang, demi menghindari paparan panas dari laptop yang dapat mengurangi performa baterai.
Baca Juga :  The Official UK Top 40 Singles Chart 19 April 2015

Itulah sedikit informasi tentang Haruskah Mencabut Baterai Dari Laptop Agar Lebih Awet? semoga tips ini dapat menambah wawasan teman-teman.

Salam

Gravatar Image
http://bakhtiyar.bsierad.com/

Leave a Reply