GPS (Global Positioning System) adalah

Posted on

Global Positioning System  (GPS) adalah  sistem koordinat global   yang  dapat  menentukan  koordinat  posisi  benda  dimana  saja  di bumi baik  koordinat lintang, bujur, maupun ketinggiannya. Teknologi ini sudah  menjadi  standar  untuk  digunakan  pada  dunia  pelayaran  dan penerbangan  di  dunia.  Kita  pun  dapat  memanfaatkannya  untuk kebutuhan  kita  sendiri.

Sistem GPS dapat  memberikan data  koordinat global  karena  didukung  oleh  informasi  dari  24  satelit  yang  ada  pada ketinggian orbit sekitar 11.000 mil di atas bumi.  Satelit-satelit  tersebut terbagi atas 6 bidang orbit yang berbeda  dengan  masing-masing bidang orbit  diisi  oleh  4  satelit.  Dengan  konfigurasi  seperti  ini,  maka  setiap titik di bumi selalu  akan dapat ditentukan koordinatnya oleh GPS setiap saat selama 24 jam penuh perhari.

Satelite GPS
Ilustasi satelit GPS

Dalam  perjalanannya  dari  satelit  ke  pengamat  di  permukaan  bumi, sinyal GPS harus melalui medium-medium ionosfer dan troposfer. Pada lapisan ini sinyal GPS mengalami refraksi dan sintilasi (scintillation) di dalamnya,  serta  pelemahan  (atmospheric  attenuation) dalam  lapisan troposfer. Disamping itu, sinyal GPS juga dapat dipantulkan oleh benda benda di sekitar pengamat (receiver GPS) sehingga dapat menyebabkan terjadinya  multipath  yaitu  fenomena  dimana  sinyal  GPS  yang  diterima oleh  antena adalah resultan  dari  sinyal  langsung  dan  sinyal  pantulan.

Baca Juga :  SSD untuk Server? Apa saja pertimbangannya?

Setiap satelit GPS secara kontinyu memancarkan sinyal gelombang pada 2 frekuensi L-band yang dinamakan L1 dan L2. Sinyal L1 berfrekuensi 1575,42  MHz  dan  sinyal  L2  berfrekuensi  1227,60  MHz. Sinyal  satelit GPS  yang  disebutkan  di  atas  dikendalikan  sesuai  dengan  jam  atomic 11 ‘rubidium’ atau ‘cesium’ yang dipasang pada satelit GPS. Frekuensi jam atomic  adalah  10.23  MHz.  Biasanya  GPS  receiver  akan menangkap sinyal informasi dan melakukan proses trilaterasi untuk mengukur lokasi tempat  pemegangnya.  Caranya  dengan  membandingkan  waktu  saat sinyal  itu  diterima  oleh  receiver.  Perbedaan  waktu  tersebut  menghasilkan  data  jarak  satelit  dari  lokasi  receiver.  Perhitungan  itu dilakukan  pada  sejumlah  satelit  sekaligus,  sehingga receiver  dapat menentukan  posisinya  sendiri  dan  menampilkannya  pada  peta  digital yang terlihat di layar.

Gravatar Image
http://bakhtiyar.bsierad.com/

2 thoughts on “GPS (Global Positioning System) adalah

Leave a Reply