Setelah di compress 88.6 Kb
Setelah di compress 88.6 Kb

Compress Gambar untuk mempercepat loading website dengan TinyPNG

Posted on

Bsierad.comGambar pada sebuah website merupakan sebuah pelengkap yang dapat mempermudah pembaca lehih mendalami apa tulisan yang kita buat. Gambar pada website bisa sangat membantu menarik visitor di blog kita. Namun ada kalanya gambar pada website dapat menjadi penghambat karena loading nya yang lama hingga gambar tersebut tak tampak. Hal ini lah yang bermasalah karena berpotensi akan hilangnya visitor.

Para blogger atau pemilik web pastinya tahu akan hal ini. Ada banyak tool Compress Gambar untuk mempercepat loading website. Disini bsierad.com akan berbagi cara Compress Gambar untuk mempercepat loading website dengan TinyPNG

Apa itu TinyPNG?

TinyPNG adalah sebuah website yang memberikan layanan kompresi gambar secara gratis.

Baca Juga :  Posting apa ya?

Apa yang TinyPNG lakukan?

TinyPNG menggunakan teknik kompresi lossy cerdas untuk mengurangi ukuran file dari file PNG Anda. Secara selektif mengurangi jumlah warna dalam gambar, byte lebih sedikit diperlukan untuk menyimpan data. Efeknya hampir tak terlihat tapi itu membuat perbedaan yang sangat besar dalam ukuran file.

Mengapa menggunakan TinyPNG?

PNG sangat berguna karena hanya PNG yang didukung secara luas yang dapat menyimpan gambar transparan sebagian. Format ini menggunakan kompresi, tetapi file masih bisa berukuran besar. Gunakan TinyPNG untuk mengecilkan gambar untuk aplikasi Anda dan situs. Ini akan menggunakan bandwidth yang kecil dan memuat lebih cepat.

Bagaimana cara kerjanya?

Ketika Anda meng-upload file PNG (Portable Network Graphics), warna yang sama di gambar Anda akan digabungkan. Teknik ini disebut “kuantisasi”. Dengan mengurangi jumlah warna, 24-bit file PNG dapat dikonversi ke yang lebih kecil 8-bit gambar warna diindeks. Semua metadata yang tidak perlu dilucuti juga. Hasilnya: file PNG lebih baik dengan dukungan 100% untuk transparansi.

Baca Juga :  Tidak bisa akses cPanel dan FTP ketika Cloudflare aktif

Hasil yang diberikan oleh TinyPNG?

Untuk hasilnya, TinyPNG sudah tidak diragukan lagi. Mengapa demikian? mari kita lihat kedua gambar sebelum dan sesudah dikompresi berikut.

Sebelum di compress 322.5 Kb
Sebelum di compress 322.5 Kb
Setelah di compress 88.6 Kb
Setelah di compress 88.6 Kb
hasli proses compress
hasli proses compress

Untuk mencoba melakukan Compress Gambar untuk mempercepat loading website dengan TinyPNG langsung saja coba ke situs nya di https://tinypng.com/.

Semoga bermanfaat

Gravatar Image
http://bakhtiyar.bsierad.com/

2 thoughts on “Compress Gambar untuk mempercepat loading website dengan TinyPNG

Leave a Reply